Rabu, 16 Februari 2011

Bab I. HAKEKAT MANUSIA

Manusia ialah makhluk paling sempurna yang pernah di ciptakan oleh ALLAH SWT. Kesempurnaan yang di miliki oleh manusia merupakan suatu konsuekensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah di muka bumi ini. Al-Qur'an menerangkan bahwa manusia berasal dari tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien, Shal-shal dan Sualalah.
Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia di ciptakan ALLAH dari bermacam-macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya, Al-Qur'an tidak menjelaskan secara rinci. Akan tetapi hampir sebagian besar para ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dari seekor binatang sejenis kera, konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidang studi biologi. Anggapan ini tentu sangat keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekedar konsep biologi. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkan sebagian besar manusia. Dalam hal ini membuat para manusia kehilangan harkat dan martabat kita yang diciptakan sebagai makhluk yang sempurna dan paling mulia.
HAKEKAT MANUSIA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
> Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
> Sebagai individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
> Makhluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
> Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
> Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk di tempati.
> Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudannya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas.
> Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
> Individu yang sangat di pengaruhi oleh lingkungan terutama lingkunag sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaanya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.
BEBERAPA DEFINISI MANUSIA :

1. Manusia adalah makhluk utama. yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatura. Manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat-hakikat yang mulia.
2. Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatanya yang luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusian telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yang bebas - kepadanya dunia alam - word of nature -, sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua deteminasi eksistensial, kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhan.
3. Manusia adalah makhluk yang sadar. Ini adalah kualitasnya yang paling menonjol: Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yang menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yang tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. Dengann demikian ia melewati batas penginderaan nya dan memperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau dan masa mendatang, ke dalam waktu yang tidak dihadiri nya secara objektif. Ia mendapat pegangan yang benar, luas dan dalam atas lingkunganya sendiri. Kesadaran adalah suatu zat yang lebih mulia daripada eksistensi.
4. Manusia adalah makhluk yang sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satunya makhluk hidup yang mempuyai pengetahuan atas kehadiranya sendiri : ia mampu mempelajar, menganalisis, mengetahui dan menilai diri nya.
5. Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah laku nya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dai alam, dan menempatkanya di samping Tuhan. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib - semu - quasi - miracolous - yang memberinya kemampuan untuk melewati parameter alami dari eksistensi diri nya, memberinya perluasan dan kedalaman eksistensial yang tak terbatas dan menempatkanya pada suatu posisi untuk menikmati apa yang belum di berikan alam.
6. Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yang ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yang ada, tetapi berjuang untuk mengubah nya menjadi apa yang seharusnya. Idealisme adalah faktor utama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak memberikan kesempatan untuk puas di dalam pagar-pagar kokoh realita yang ada. Kekuatan ini lah yang selalu memaksa manusai untuk merenung, menemukan, menyelidiki, mewujudkan, membuat dan mencipta dalam alam jasmaniah dan ruhaniah.
7. Manusia adalah makhluk moral. Disinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan yang ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yang lebih tinggi daripada motif yang timbul. Ikatan ini mungkin dapat disebut iktan suci, karena ia di hormati dan di puja begitu rupa sehingga orang merasa rela untuk membaktikan atau mengorbankan kehidupan mereka demi ikatan ini.
8. Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyaI esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagi suatu gejala yang bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam yang independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan ini memberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yang tidak akan punya arti kalau tidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai


Kesimpulan dan pendapat saya tentang tulisan diatas yaitu manusia memiliki hakekat-hakekat hidup yang telah diberikan oleh allah swt.,manusia dijadikan khalifah utama di muka bumi ini,serta sebagai makhluk yang paling sempurna dengan diberikan akal pikiran dan nafsu,manusia menjalankan kehidupannya.
jadi kita sebagai manusia yang dipercaya oleh allah untuk jadi khalifah dimuka bumi haruslah melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan dalam hidup ini.


Sumber
http://www.membuatblog.web.id/
http://metakalasari.wordpress.com/

0 komentar:

Poskan Komentar